Jumat, 30 November 2012

PIKIRAN SADAR DAN BAWAH SADAR

Posted by & filed under .
Oleh: Ki Abduljabbar
Saat Anda sudah membayar ratusan ribu rupiah untuk mengikuti presentasi pengembangan diri, saat itu pula Anda harus menyadari tidak ada lagi tutorial dari presenter tersebut memandu Anda sampai Anda benar-benar paham dan menjadi sukses. Kenapa harus mengeluarkan ratusan ribu rupiah kalau Anda bisa mendapatkan gratis di sini. Stay tune, saya melanjutkan postingan sebelumnya….
“Orang adalah apa yang dipikirkannya sepanjang hari”. —Ralph Waldo Hamerson
Ketika gelombang BETA otak mendominasi, seseorang akan berada dalam kondisi sadar dan terjaga. Hal ini diper­lukan agar kita dapat berkonsentrasi pada sesuatu. Anda bisa bayangkan bagaimana jadinya ketika Anda tidak bisa berkonsentrasi pada sesuatu. Sulit bagi Anda untuk bekerja dan bergaul. Anak-anak autis sesungguhnya adalah anak-anak yang sangat kurang gelombang BETA pada otaknya atau bahkan tidak ada sama sekali. Dengan kata lain, otaknya belum dapat meng­aktifkan gelombang BETA, sehingga mereka tidak bisa fokus.
Apa yang terjadi pada anak autis?  Ia menjadi tidak bisa ber­konsentrasi terhadap sesuatu. Sebagai akibatnya ia menjadi anak yang tidak bisa memperhatikan keadaan sekelilingnya, la hanya senang dengan keadaannya sendiri. Konsentrasi membantu kita untuk bisa fokus pada suatu keadaan ter- tentu.
Namun, ketika kita melakukan konsentrasi tinggi dalam ren­tang waktu yang agak lama, kita menjadi lelah. Kelelahan ini sering juga disebut sebagai stres ringan. Hal ini terjadi karena kita mengarahkan seluruh pikiran dan tenaga kita hanya pada satu hal tertentu. Anda bisa bayangkan bagaimana jadi- nya jika seluruh pikiran dan energi Anda fokuskan pada beberapa hal sekaligus. Anda akan menjadi semakin stres. Dan inilah yang terjadi pada sebagian besar manusia. Ketika gelombang beta mendo- minasi, ketika pikiran diarahkan untuk fokus dan berkonsentrasi pada banyak hal, yang akan timbul adalah stres berat. Anda bisa mencoba hal ini sekarang juga.
Cobalah untuk memikirkan keadaan keuangan Anda saat ini, sambil melakukan hal tersebut, cobalah pikirkan juga ten­tang masa depan Anda yang belum Anda ketahui (ghaib). Sambil memikirkan kedua- nya, cobalah Anda pikirkan tentang peker­jaan Anda yang tertunda, tambahkan lagi dengan memikir- kan hal-hal lain. Jika ini dilakukan secara serempak. Anda benar-benar bisa mengalami stres berat.
Apa saja yang Anda alami jika Anda mengalami stres yang amat berat?
Berdasarkan penelitian, ego Anda akan mengambilalih keadaan dengan melakukan salah satu atau beberapa hal berikut ini:
  1. pengingkaran
  2. penindasan
  3. penolakan
  4. menutup diri atau melindungi diri
  5. mengganti dengan sesuatu yang lain
  6. menyesuaikan diri
  7. menyerah
  8. mengubah (membuat formasi baru)
  9. tidak melakukan apa-apa (menunggu)
  10. mundur teratur
  11. mengalihkan pada hai yang lain
Untuk itulah kita membutuhkan bantuan agar kita bisa meng­olah semua informasi yang masuk. Bantuan ini dapat kita peroleh secara cuma-cuma karena secara otomatis pikiran bawah sadar sudah melakukannya. Apa yang tidak dapat diproses oleh pikir­an sadar, akan diproses oleh pikiran bawah sadar. Dan, untuk meningkatkan pikiran bawah sadar secara sadar adalah membuat gelombang otak Anda berada pada frekuensi alfa atau teta. (modul dapat Anda lihat di halaman DOWN-LOAD pada blog ini).
Perbedaan istilah sadar dan bawah sadar
Penting untuk diingat bahwa kedua jenis pikiran ini bukanlah dua pikiran. Keduanya hanyalah dua lingkup kegiatan dalam satu pikiran. Pikiran sadar adalah pikiran yang menalar. Pikiran sadar adalah fase pikiran yang memilih. Semua keputusan di­buat dengan pikiran sadar. Sebaliknya, tanpa pikiran sadar dan kontrol dari pikiran sadar, jantung tetap berfungsi secara otoma­tis, begitu juga dengan proses pencernaan, sirkulasi darah, pernapasan dan pengaturan sel-sel (DNA) dilakukan oleh pikiran bawah sadar melalui proses yang tidak tergantung pada pengendalian sadar.
Pikiran bawah sadar kita menerima apa yang dikesankan padanya atau apa yang secara sadar kita percayai. Pikiran ba­wah sadar tidak menalar apa-apa seperti pikiran sadar, dan ti­dak pernah memban- tah Anda sekali pun. Pikiran bawah sadar bagaikan tanah yang menerima bibit apa pun, baik atau buruk. Selain itu, kemungkinan diwujudkannya suatu pikiran menjadi kenyataan jika buah pikiran tersebut berada di pikiran bawah sadar adalah sebesar 88%. Sedangkan, kemungkinan terwu- jud­nya buah pikiran pada pikiran sadar adalah 12% saja.
Buah pikiran kita itu laksana bibit yang tertanam dalam pi­kiran bawah sadar. Walaupun buah pikiran kita bersifat negatif, pikiran bawah sadar tidak akan mempertanyakannya dan akan menjalankannya dengan sangat baik. Dan, pada akhirnya akan terwujud dalam pengalaman luar kita. Begitu pun hal nya de­ngan buah pikiran yang positif. Perlu juga diingat bahwa apa yang disebut sebagai sesuatu yang positif bisa sangat negatif bagi kita. (Mengenai pembahasan ini dapat Anda lihat pada pelajaran berikutnya nanti).
Jadi ingatlah, pikiran bawah sadar tidak ikut membuktikan apakah buah pikiran kita baik atau buruk, benar atau salah, tetapi bereaksi sesuai dengan keyakinan saat ini terhadap buah pikiran kita atau pengandaian kita. Jika sesuatu itu Anda anggap benar dan Anda meyakininya (walaupun mungkin tidak benar), pi­kiran bawah sadar akan menerimanya sebagai suatu kebenaran dan mulai bergerak untuk mewujudkannya dalam kenyataan.
Ketika pikiran bawah sadar menerima suatu gagasan
Adalah suatu kebenaran yang menarik dan sulit dimengerti bah­wa hukum pikiran bawah sadar bekerja sama baiknya dengan ga­gasan baik ataupun gagasan buruk. Begitu pikiran bawah sadar menerima suatu gagasan—baik atau buruk—pelaksanaannya langsung dimulai.
Hukum ini, bila diterapkan secara negatif, akan menyebabkan kegagalan, frustasi, dan keridak baha- giaan. Sebaliknya, begitu pemikiran Anda serasi dan konstruktif. Anda akan mengalami kesuksesan, keberhasilan, dan kebahagiaan. Kedamaian hati dan tubuh yang sehat terjadi dengan sendirinya kalau Anda mu­lai berpikir dan merasa secara benar. Apa pun yang ada dalam pikiran Anda anggap benar dan Anda rasa benar, akan diterima oleh pikiran bawah sadar Anda dan diwujudkan dalam pengala- man Anda. Satu-satunya yang harus Anda lakukan adalah membuat pikiran bawah sadar menerima gagasan Anda, dan hukum pikiran bawah sadar Anda akan secara otomatis menda­tangkan keseha- tan, kebahagiaan, dan kesuksesan.
Anda cukup memberi perintah atau ketetapan, dan pikir­an bawah sadar akan secara setia merepro- duksi gagasan yang tercetak padanya. Hukum pikiran Anda adalah sebagai beri­kut:
ANDA AKAN MENDAPAT SUATU REAKSI ATAU JAWABAN DARI PIKIRAN BAWAH SADAR SESUAI DENGAN HAKIKAT PIKIRAN ATAU GAGASAN DI DALAM PIKIRAN SADAR ANDA.
Para peneliti telah membuktikan bahwa bila buah pikiran disampaikan ke pikiran bawah sadar akan timbul kesan pada sel-sel otak. Segera setelah pikiran bawah sadar menerima suatu gagasan, pikiran bawah sadar langsung memberlakukannya. Hal itu dilakukan dengan menghubungkan gagasan-gaga- san dan menggunakan setiap butir pengetahuan yang telah terkumpul selama masa hidup untuk mencapai tujuannya, dengan meman­faatkan kekuatan, energi, dan kebijaksanaan yang tidak ada batasnya dalam diri kita, dikerahkannya semua hukum alam un­tuk melaksanakan maksudnya. Ada kalanya sangat cepat, dan ada kalanya membutuhkan waktu yang agak lama untuk mewu­judkannya dalam pengalaman luar kita.
Selain itu, karena pikiran bawah sadar tidak memilih-milih suatu gagasan, dan menerima gagasan apa saja yang masuk, sebaiknya Anda perlu berhati-hati dan teliti memasukkan buah pikiran atau gagasan Anda ke dalam pikiran bawah sadar Anda. APA YANG SERING ANDA PIKIRKAN DAN UCAPKAN SECARA SADAR DE­NGAN BERULANG-ULANG PADA AKHIRNYA AKAN DITERIMA SEBAGAI SUATU KEBENARAN OLEH PIKIRAN BAWAH SADAR. Itulah sebabnya sesuatu yg dilakukan terus-menerus akan menjadi karakter, jika karakter tersebut tdk ada yg merubahnya, maka akan berubah menjadi SIFAT. Inilah sebabnya Anda harus selalu berpikir positif dan selalu merasa bahagia.
Karakteristik pikiran bawah sadar
Mari kira melihat beberapa karakteristik penting dari pikiran bawah sadar:
1. Pikiran bawah sadar bersifat subjektif
Jika pikiran sadar adalah pikiran yang objektif (karena menyangkut objek luar), pikiran bawah sadar bersifat subjektif. Pikiran sadar mengamati dengan media pan­caindra, belajar lewat pengama- tan, pengalaman, dan pendidikan. Sedangkan, pikiran bawah sadar memerha­tikan lingkungan tanpa berhubungan langsung dengan pancaindra. Dalam pikiran subjektif terdapat emosi, kepribadian, dan memori kita. Disebut juga sebagai pi­kiran subjektif karena kebenarannya bergantung pada sistem kepercayaan yang diyakini oleh pikiran bawah sa­dar. Pikiran subjektif juga mempunyai penglihatan dan pendengaran indra ke-enam. Jika pikiran objektif sedang tidak bekerja atau sedang mengantuk, pikir- an subjektif akan melaksanakan fungsi tertingginya.
2. Pikiran bawah sadar tidak dapat membantah
Jika suatu sugesti diberikan kepada pikiran bawah sadar, pikiran bawah sadar tidak dapat membantah dan berda­lih. Jika buah pikiran itu adalah salah, pikiran bawah sadar akan menerimanya sebagai suatu kebenaran dan akan menyimpannya untuk diteruskan sebagai keadaan, pengalaman, dan kejadian. Segala sesuatu yang terja­di pada diri kita didasarkan pada bahan pikiran yang dikesankan pada pikir- an bawah sadar melalui kepercaya­an. Dan, jika sudah diterima oleh pikiran bawah sadar, hal ini akan menjadi kebiasaan kita. Semakin sering Anda memberikan buah pikiran negatif, semakin kuat­lah pikir- an bawah sadar meyakininya sebagai suatu ke­benaran. Kebenaran ini akan menjadi penghalang besar jalan hidup Anda. Begitu pula sebaliknya, semakin se­ring Anda memberikan buah pikiran positif, semakin kuatlah pikiran bawah sadar akan meyakini sebagai sua­tu kebenaran juga. Namun kali ini, kebenaran ini akan memberikan kebahagiaan dan kesuksesan pada jalan hidup Anda.
3.  Pikiran bawah sadar dapat menerima sugesti
Pikiran sadar adalah “pengawas di gerbang”, dan fungsi utamanya adalah melindungi pikiran bawah sadar dari kesan yang keliru. Pikiran bawah sadar tidak dapat membuat perbandingan atau kontras, dan tidak dapat menalar dan berpikir sendiri. Semua fungsi ini adalah fungsi dari pikiran sadar. Oleh sebab itu, berhati-hatilah memilih secara sadar sugesti yang akan diberikan kepa­da pikiran bawah sadar. Kekuatan terbesar Anda adalah memiliki kapasitas untuk memilih. Jadi, pilihlah KEBA­HAGIAAN dan KELIMPAHAN.
4. Pikiran bawah sadar bersifat melindungi
Apa pun yang telah menjadi kebenaran pada pikiran bawah sadar akan dijalankan secara otomatis, tak pe­duli baik atau buruk. Oleh sebab itu, jika ada suatu pemikiran baru dan merupakan pilihan baru yang dila­kukan oleh pikiran sadar, hal itu akan selalu ditolak oleh kebenaran yang telah diyakini sebe- lumnya oleh pi­kiran bawah sadar. Dengan kata lain, akan timbul kon­flik internal dalam diri Anda. Hal ini terjadi karena semata-mata pikiran bawah sadar bersifat melindungi diri kita dengan menjalankan program otomatis yang telah diyakininya sebagai suatu kebenaran.
5. Pikiran bawah sadar juga sering disebut sebagai perasaan
Apa pun yang dipilih dan menjadi keinginan pikiran sadar akan selalu mendapat respons dari keyaki- nan yang telah tertanam sebelumnya pada pikiran bawah sadar. Respons tersebut sering kali berupa perasaan yang Anda rasakan ketika menginginkan sesuatu yang baru secara sadar. Jika keinginan sadar Anda selaras dengan keyakinan dalam pikiran bawah sadar, Anda akan merasa tenang dan bahagia. Sebaliknya, jika ke­inginan yang Anda sadari tersebut tidak selaras dan sejalan dengan keya- kinan dalam pikiran bawah sadar, akan timbul respons berupa perasaan tidak nyaman dan tidak percaya diri.
6.         Pikiran bawah sadar tidak menerima lelucon
Berhati-hatilah dengan apa yang Anda katakan walau­pun itu hanya sebuah lelucon. Apa pun yang Anda katakan dengan berulang-ulang pada akhirnya akan diterima oleh pikiran bawah sadar sebagai suatu kebenar­an. Dan, jika sudah menjadi suatu kebenaran, program ini akan dijalankan secara otomatis untuk diwujudkan dalam kehidupan Anda.
7.  Pikiran bawah sadar adalah buku hidup
Apa pun buah pikiran, kepercayaan, pendapat, teori, atau dogma yang Anda tuliskan. Anda ukirkan, atau Anda kesankan pada pikiran bawah sadar. Anda akan mengalaminya sebagai manifestasi objektif lingkungan, keadaan, dan peristiwa. Apa yang Anda tuliskan di da­lam, akan Anda alami di luar. Pikiran bawah sadar hanya bertindak berdasarkan apa yang diterimanya. Segala keputusan atau kesimpulan dari pikiran sadar Anda dite­rimanya sebagai final. Itulah sebabnya, setiap saat Anda selalu menulis dalam buku hidup Anda, tulislah hal-hal yang baik dan bermanfaat bagi diri Anda.
8.  Pikiran bawah sadar bersifat memaksa
Apa pun yang diyakini oleh pikiran bawah sadar akan terbentuk menjadi kebiasaan kita. “Kita adalah makh­luk kebiasaan,” kata Aristoteles. Ketika sudah menjadi kebiasaan, secara otomatis kebiasaan ini akan selalu me­maksa kita. Jika Anda keluar dari rutinitas kebiasaan ter­sebut, Anda akan dipaksa untuk kembali pada rutinitas kebiasaan yang telah diyakini oleh pikiran bawah sadar. Inilah menjadi alasan kenapa sebuah kebiasaan sulit di­ubah. Anda hanya bisa mengubah sebuah kebiasaan jika pikiran bawah sadar telah menerima hal baru sebagai suatu kebenaran.
9. Pikiran bawah sadar menegaskan apa yang kita rasa sebagai benar
Gagasan yang dominan selalu diterima oleh pikiran bawah sadar. Jika Anda dipenuhi oleh iri hati dan ke­cemburuan terhadap orang lain, hal ini akan menjadi batu sandungan bagi mengalirnya kekayaan. Anda ber­ada dalam dominasi gagasan kemiskinan. Jadi, milikilah gagasan yang sebaliknya, yaitu bergembiralah atas keka­yaan dan kesejahteraan orang lain sehingga Anda juga akan diliputi oleh perasaan penuh makna dan kaya.
kisah menarik tentang keampuhan pikiran bawah sadar
Saya ingin Anda melihat dan merasakan sepenuhnya kisah nya­ta berikut ini, yang membuktikan kekuatan dahsyat dari pikiran bawah sadar:
Ada suatu kasus penyembuhan yang terkenal dan diakui memang betul-betul terjadi, dan laporannya tersimpan dalam arsip departemen kesehatan Lourdes, Prancis. Madam Bire, be­gitu nama nyonya dari Prancis itu, menderita kebutaan karena saraf optiknya mengalami atrofi dan tidak berguna. Ia pergi ke Lourdes dan di sana mendapatkan apa yang dinamakan kesem­buhan ajaib (mukjizat).
Ruth Cranston menulis tentang Madam Bire di majalah McCall’s pada November 1955 sebagai berikut: “Di Lourdes ia memperoleh kembali penglihatannya secara tak terpercaya, ka­rena saraf optiknya tetap tidak bekerja dan tidak berfungsi, me­nurut hasil pemeriksaan beberapa dokter berkali-kali. Sebulan kemudian, ketika diperiksa kembali, ternyata mekanisme peng­lihatannya telah kembali normal. Tetapi pada mulanya, sejauh yang dapat dikatakan oleh para ahli kedokteran, ia melihat de­ngan “mata mati’’.
Madam Bire disembuhkan oleh pikiran bawah sadarnya yang percaya terhadap kepercayaan yang diyakininya. Prinsip penyembuhan dalam pikiran bawah sadarnya bereaksi terhadap apa yang dipikirkan oleh wanita itu. Kepercayaan adalah suatu buah pikiran dalam pikiran bawah sadar. Percaya berarti menerima sesuatu sebagai benar. Dalam ilmu tentang DNA, kepercayaan sepenuhnya yang dilakukan oleh Madam Bire telah mengaktifkan sel-sel DNA-nya yang berfungsi unnik penglihatan.
Sumber: Syam, Syahril – The Secret of Attractor Factor
Wassalam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar